Monday, March 23, 2015

Cara membuat pakan ayam organik

Cara membuat pakan ayam organik


Cara membuat pakan ayam organik - Beternak ayam merupakan slah satu budidaya yang banyak dijalani selama ini,kebutuhan pasar yang terbuka luas menjadi daya tarik semua orang untuk menjalankan usaha ternak ayam,tetapi yang sering menjadi kendala dalam pemeliharaan ayam adalah tingginya harga pakan di pasaran saat ini sehingga tidak jarang para peternak untuk mengganti peliharaanya,oleh karna itu melalui artikel ini kami akan berbagi informasi sebagai solusi dalam mengatasi tingginya harga pakan ayam dengan memberikan cara membuat pakan ayam organik yang bahan nya bisa kita manfaatkan limbah yang ada di sekitar kita.

Untuk menekan biaya pengeluaran pakan agar efisiensi maka pembuatan pakan merupakan salah satu cara untuk memperkecil angka FCR (Feed Convertion Ratio), sebab semakin sedikit biaya pakan yang kita keluarkan akan tetapi bobot yang kita peroleh bertambah tidak menutup kemungkinan hasil yang kita peroleh semakin bertambah pula.

 

Cara membuat pakan ayam organik

Bahan - bahan untuk pembuatan pakan ayam organik

  • Tepung Jagung 2,5 kg
  • Dedak Padi (Katul) 2,5 kg
  • Karak (Nasi Aking Kering) 1 kg
  • Sayur mayur bisa pakai : Sawi, Kangkung, Bayam, Krokot, Gedebog, daun pepaya dan lainnya 1,5 kg
  • Konsentrat jenis 511 bravo 1,5 kg
  • Ampas tahu 0,5 kg
  • Tepung Ikan 0,5 kg
  • Suplemen Organik Cair (SOC) dari HCS 1 tutup botol (10 cc) untuk bahan 10 Kg
  • Air 10 liter

Cara pembuatan pakan ayam organik

Campur semua bahan dan diaduk sampai rata kemudian campuran tersebut difermentasi dengan cara masukan kedalam ember(wadah yang lebih besar) lalu tutup rapat selama sehari semalam (24 jam).

Setelah difermentasi dilanjutkan proses pegilingan untuk dijadikan bentuk butiran supaya semua bahan dimakan semua tanpa memilih yang disukai saja, setalah itu keringkan dan langsung diberikan untuk pakan ayam. Jika pembuatan pakan dalam jumlah banyak atau untuk stok sebaiknya pakan dikeuringkan dahulu.cara pembuatan pakan ayam ini tidak jeuh berbeda dengan cara pembatan pakan bebek.

Silahkan KLIK disini bagi yang ingin mendapatkan SOC untuk membuat pakan ayam sendiri supaya dapat menghemat biaya pakan dan meningkatkan hasil dan kualitas ayam.

1 comment:

  1. Mau tny setelah dipermentasikan . Apakah dimasak dulu sebelum di giling. Atau langsung digiling dan dijemur.

    Makasih untuk infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete